tahap pengoperasian motor

tahap pengoperasian motor pada dasarnya dibagi menjadi 3 tahap, yaitu:
  • mulai jalan (starting)
    untuk motor yang dayanya kurang dari 4 KW,pengoperasian motor dapat secara langsung (direct on line). Sedangkan untuk daya yang besar pengasutannya dengan pengendali awal motor (motor starter) yang bertujuan untuk meredam arus awal yang besarnya 5 sampai 7 kali arus nominal.
  • berputar (running)
    Beberapa saat setelah motor mulai jalan, arus yang mengalir secara bertahap segera menurun keposisi arus nominal. Selanjutnya motor dapat dikendalikan sesuai kebutuhan, misalnya dengan pengaturan kecepatan, pembalik arah putaran dan sebagainya,
  • Berhenti(stopping)
    Tahap ini merupakan tahap akhir dari pengoperasian motor dengan memutuskan aliran arus listrik dari sumber tenaga listrik, yang prosesnya bisa dikendalikan sedemikian rupa(misalnya dengan pengereman/break), sehingga motor dapat berhenti sesuai dengan kebutuhan.

jenis kendali motor ada 3 macam yaitu:

  1. Kendali manual
    instalasi listrik tenaga pada awalnya menggunakan kendali motor konvesional secara manual. Untuk menghubungkan atau memutuskan aliran arus listrik digunakan saklar manual mekanis, diantarannya adalah saklar togel ( toggle switch). Saklar ini merupakan tipe saklar yang sangat sederhana yang banyak digunakan pada motor berdaya kecil. Operator yang mengoperasikannya harus mengeluarkan tenaga otot yang kuat.

  2. Kendali semi otomatis
    pada kendali semi otomatis, kerja operator sedikit ringan (tidak mengeluarkan tenaga besar), cukup dengan jari menekan tombol tekan start saat awal menggerakan motor dan menekan tombol stop saat menghentikan putaran motor.
    Untuk menghubungkan atau memutuskan aliaran arus listrik menggunakan konduktor magnit, yang bisa dilengkapi rele pengaman arus lebih (Termal Overload Relay) sebagai pengaman motor.
  3. kendali otomatis
    Dengan kendali otomatis, kerja operator semakin ringan, yaitu cukup memonitor kerja ddari sistem, sehingga dapat menghemat energi fisiknya.
    Deskripsi kerja dari sistem kendali otomatis dibuat suatu program dalambentuk rangkaian konduktor magnit yang dikendalikan oleh sensor sensor, sehingga motor dapat bekerja maupun berhenti secara otomatis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: