komponen kulkas

kompone dan sistem kerja lemari es
A.komponen lemari es
lemari es merupakan suatu sistem pendingin yang terdiri dari berbagai komponen yang paling mendukung. Komponen lemari es adalah sebagai berikut.

  1. kompresor
    kompresor merupakan bagian terpenting dalam lemari es. Apabila dianalogikan tubuh manusia, kompresor sama dengan jantung.
    Jantung berfungsi memompa darah keseluruh tubuh. Begitu juga dengan kompresor .kompresor berfungsi menopa bahan pendingin keseluruh bagian kulkas.pada sistem pendingin kompresor bekerja membuat perbedaan tekanan, yg menyebabkan bahan pendingin dapat mengalir dari suatu bagian kebagian lain dalam kulkas.perbedaan tekanan pada setiap bagian menyebabkan bahan pendingin cair dapat mengalir melalui alat pengatur bahan pendingin(pipa kapiler) ke evaporator. Teknologi kompresor yg di pakai saat ini adalah kompresor tertutup. Kompresor tertutup mempunyai 3 buah pipa,yaitu dua pipa sirkulasi dan sebuah pipa tekanan(compression)bahan pendingin.

kompresor Hermetika.Rotorb.Statorc. Silinderd. Poros engkole. Saluran isap minyak pelumasf. Salurang pengeluaran refrigerantg. Sambunganh. Terminal

b.Kondensorkondensor adalah alat penukar kalor untuk mengubah wujud gas bahan pendingin pada suhu dan tekanan tinggi menjadi wujud cair. Jenis kondesor yang banyak di gunakan pada teknologi lemari es saat ini adalah kondensor dengan pendingin udara(air cooling condensor).Air cooling condensor digunakan pada sistem refrigerasi(kulkas) kecil maupun sedang.kondensor jenis ini memiliki bentuk yang sederhana dan tidak dibutuhkan perawatan khusus.saat lemari es bekerja,kondensor terasa hangat bila di pegang.awalnya air cooling condensor ditempatkan dibelakang body kulkas,tetapi pada teknologi kulkas terkini kondensor ditanam didalam body lemari es.hal ini bertujuan mengurangi terjadinya karat pada body.selain itu, peletakan kondensor yg tertanam pada body membuat penampilan lemari es lebih enak di pandang. c.filterFilter(saringan) berguna menyaring kotoran yang mungkin terbawa aliran bahan pendingin yang keluar setelah melakukan sirkulasi agar tidak masuk kedalam kompresor dan pipa kapiler.selain itu,bahan pendingin yg akan di salurkan pada sirkulasi berikutnya lebih bersih,sehingga menyerap kalor lebih maksimal.filter harus dapat menyaring kotoran yg mungkin bisa masuk kedalam sistem pendingin.kotoran yang terbawa oleh pendingin biasanya berupa korosi(karat),serpihan logam,maupun kuningan saat pengelasan.selain itu,komponen filter juga tidak dapat menyebabkan penurunan tekanan aliran bahan pendingin yg memungkinkan sistem terganggu bahkan terhenti.perlu diperhatikan,saat melakukan penyambungan filter dipipa kapiler,diupayakan tidak menimbulkan penyumbatan ataupun kebocoran.jika hal ini terjadi, bisa di pastikan sistem pendingin tidak akan bekerja.d.evaporatorEtaporato berfungsi menyerap panas dari benda yang dimasukan ledakan lemari es,kemudian evaporator menguapkan bahan pendingin untk melawan panas dan mendinginkannya.sesuai fungsinya evaporator adalah alat penguas bahan pendingin.agar efektif dalm penyerapan panas dan menguaskan bahan pendingin, evaporator di atau dari logam antikarat,yaitu tembaga dan aluminium.lemari es satu pintu jenis freezer(pembuat es)memiliki evaporator yg memenuhi seluruh kulkas.hal ini bertujuan agar setiap ruangan memiliki suhu yang sama 0。C.pada lemari es satu pintu non-freezer,biasanya evaporator terletak pada bagian atas,sedangkan bagian lainnya hanya berupa rak rak yg memiliki suhu tidak sedingin evaporator karna suhu rak-rak hanyalan hembusan bahan pendingin yg keluar dari evaporator 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: